1000 Narrative Text:Pengertian Lengkap+Contoh

Diposting pada

1000 Narrative Text:Penjelasan Pengertian Lengkap+Contoh

Sekolah Bahasa Inggris SBI – Pelajaran Bahasa inggris merupakan pelajaran yang penting di era globalisasi ini. Pemahaman akan cerita bahasa Inggris dituntut untuk bias agar para siswa-siswi di tingkat menengah, baik itu SMP ataupun SMA, dapat menulis dan membaca narrative text.

1000 Narrative Text:Penjelasan Lengkap+Contoh
1000 Narrative Text:Penjelasan Lengkap+Contoh

Untuk itu mereka diharapkan dapat membedakan dahulu yang mana Narrative Text dalam bacaan berbahasa Inggris.

Oleh karena itu kurikulm di sekolah menengah memasukkan Narrative Teks pada kurikulum bahasa Inggris.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Narrative Teks? Pernakah anda membaca dongeng “Cinderella” atau “Bawang Merah dan Bawang Putih” dalam bahasa Inggris?

Dongeng meruakan salah satu bentuk Narrative Text. Dongeng berisikan suatu kisah fiksi yang terjadi di masa lalu baik berupa kisah nyata, maupun tidak. Kisah nyata di masa lalu dapat disebut pula Legenda.

Cerita yang tergolong dalam Narrative Text adalah cerita fiksi, fable (cerita tentang binatang), cerita rakyat (legenda), cerita dongeng, dll. Siswa diharuskan bisa memahami semua teks yang tergolong dalam narrative Teks.

Lebih advanced nya lagi, siswa diperintahkan untuk mempraktekkan “Storytelling”. Lalu apa yang dimaksud storytelling?

Storytelling merupakan salah satu bentuk praktek berbicara bahasa Inggris yang membawakan suatu cerita narasi di depan public atau orang banyak.

Perlombaan storytelling merupakan perlombaan tahunan di toingkat sekolah menengah yang banyak digandrungi siswa.

 Pengertian Narrative Text

Disebutkan bahwa “A narrative text” is a text which is containing an imaginative story in which to entertain people (audience).

(teks narasi adalah sebuah teks yang berisikan cerita imaginatif dimana bertujuan untuk menghibur orang banyak atau penonton).

Based on the Oxford (Kamus Besar Bahasa Inggris) secara harfiah narrative bermakna (1) a spoken or a written account of connected events such as a story. (Sebuah cerita baik berupa secara terucap maupun secara tertulis)

Jika disimpulkan, maka arti dari narrative text adalah teks yang berisi sebuah cerita baik secara verbal (terucap) maupun secara tertulis ataupun yang berisikan rangkaian peristiwa dalam suatu hal.

Structure dari Narrative Text

Untuk mengetahui struktur dari Narrative Text itu sangatlah penting. Jadi jika kita ingin membaca terlebih saat menulis teks narasi yang baru kita memiliki stuktur teks narasi yang baik. Lihat struktur Narrative Text dibawah ini:

  • Orientation

    : It is about the opening of the paragraph where characters, place, and time are introduced in the story.(adalah sebuah paragraph pembuka yang berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu dalam sebuah cerita.

Berisi: who (siapa ), contohnya; Cinderella

Where (dimana); in small village

When (kapan); a long time ago, once upon a time

  • Complication

    : Where the problems of characters of the story appear and go to climac. (Dimana Permasalahan yang dimiliki oleh tokoh dalam cerita muncul dan klimaks)

  • Resolution

    : Where the problems of characters of the story is being solved. (Masalah selesai. Masalah terselesaikan baik secara ‘happy ending’ maupun tidak.

Contoh Narrative Text

Untuk Contoh Narrative Text dapat dilihat di artikel ini:

1000 Contoh Narrative Text Pendek

Semoga Bermanfaat Para Pembaca SBI!!!

Baca Juga:

1000 Contoh, Pengertian, dan Rumus Kalimat Present Perfect Tense

1000 Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat!