Pengertian, Ciri Dan Generic Structure Dari Descriptive Text
Pengertian, Ciri Dan Generic Structure Dari Descriptive Text

Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

 

 

Pengertian, Ciri Dan Generic Structure Dari Descriptive Text
Pengertian, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dari Descriptive Text

 

Text dalam bahasa inggris, memiliki beberapa macam dan salah satunya yang paling banyak digunakan dalam bahasa inggris adalah descriptive text. Pasti sebagian besar dari sahabat SBI sudah sering mendengarnya bukan? Untuk mempelajari teks ini, biasanya kita berhubungan dengan sebuah gambar atau sebuah benda lalu kita deskripsikan kedalam bahasa inggris. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan descriptive text? Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Memahami Definisi Dan Penjelasan, Tujuan, Ciri Dan Generic Structure Dari Descriptive Text

 

Berikut ini akan kita bahas secara detail dan rinci mengenai Pengertian, Ciri Dan Generic Structure dari descriptive text Pada Bahasa Inggris.


PENGERTIAN DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive text merupakan sebuah text  yang berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu hal seperti orang, benda, lingkungan, pemandangan dan lain sebagainya. Pada saat mendeskripsikan suatu hal atau benda, maka kita akan mengungkapkanya secara detail baik warna, bentuk, karakter dan lain sebagainya.


TUJUAN DESCRIPTIVE TEXT

Tujuan dari descriptive text tentu saja yaitu mendeskripsikan, menjelaskan ataupun menggambarkan akan suatu hal atau benda yang telah di deskripsikan, yang berguna untuk memberikan informasi kepada pendeskripsi dan juga pembaca.


CIRI DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive text memiliki beberapa ciri, yaitu sebagai berikut :

  • Descriptive selalu menggunakan simple present tense. Apa itu simple present tense? yaitu sebuah tense (waktu) yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi saat ini atau untuk menyatakan suatu kebenaran umum.
  • Descriptive Text tentu saja juga menggunakan kata sifat atau adjective pada kalimatnya. Mengapa? karena descriptive text menjelaskan akan ciri, werna, bentuk ataupun karakter dari benda atau hal yang di deskripsikan.
  • Penggambaran objek pada descriptive text tentu saja sangat spesifik dan detail, hal tersebut dengan tujuan agar mudah dipahami.
  • Bahasa yang digunakan harus jelas dan menarik, jangan menggunakan bahasa slang (bahasa inggris gaul) yang sulit untuk di mengerti dan mungkin hanya beberapa orang saja yang memahaminya.

GENERIC STRUCTURE DESCRIPTIVE TEXT

Apa itu generic structure? Generic structure merupakan struktur umum yang terdapat pada teks descriptive. Lalu apa saja generic structure pada descriptive text? Ini dia :

  • Identification : Identification merupakan bagian pengenalan dari sebuah teks dalam deskriptive text seperti pengenalan tokoh ataupun pengenalan karakter dan juga topik.
  • Description : yaitu berfungsi untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu hal secara detail dan lengkap dari warna, bentuk, ciri dan lain sebagainya.
  • Conclusion (Kesimpulan) : Pada descriptive text, ada dua macam pilihan yaitu terdapat kesimpulan ataupun tidak. Hal tersebut tidak mempengaruhi bentuk atau fungsi dari descriptive text itu sendiri.

CONTOH DESCRIPTIVE TEXT

 

The Grand Canyon is a steep-sided canyon carved by the Colorado River in the state of Arizona in the United States. It is contained within and managed by Grand Canyon National Park, the Kaibab National Forest, Grand Canyon-Parashant National Monument, the Hualapai Tribal Nation, the Havasupai people and the Navajo Nation. President Theodore Roosevelt was a major proponent of preservation of the Grand Canyon area, and visited it on numerous occasions to hunt and enjoy the scenery.

The Grand Canyon is 277 miles (446 km) long, up to 18 miles (29 km) wide and attains a depth of over a mile (6,093 feet or 1,857 meters).Nearly two billion years of Earth’s geological history have been exposed as the Colorado River and its tributaries cut their channels through layer after layer of rock while the Colorado Plateau was uplifted. While some aspects about the history of incision of the canyon are debated by geologists, several recent studies support the hypothesis that the Colorado River established its course through the area about 5 or 6 million years ago.Since that time, the Colorado River has driven the down-cutting of the tributaries and retreat of the cliffs, simultaneously deepening and widening the canyon.

For thousands of years, the area has been continuously inhabited by Native Americans, who built settlements within the canyon and its many caves. The Pueblo people considered the Grand Canyon (“Ongtupqa” in the Hopi language) a holy site, and made pilgrimages to it. The first European known to have viewed the Grand Canyon was García López de Cárdenas from Spain, who arrived in 1540

Grand Canyon

Terjemahan Artinya :
Grand Canyon adalah sisi curam ngarai yang diukir oleh Sungai Colorado di negara bagian Arizona di Amerika Serikat. Hal ini terkandung dalam dan dikelola oleh Grand Canyon National Park, hutan Nasional Kaibab, Grand Canyon-Parashant National Monument, Hualapai suku bangsa, orang Havasupai dan Navajo Nation. Presiden Theodore Roosevelt adalah pendukung utama pelestarian kawasan Grand Canyon, dan mengunjungi itu pada banyak kesempatan untuk berburu dan menikmati pemandangan.
Grand Canyon adalah 277 mil (446 km) panjang, sampai ke 18 mil (29 km) lebar dan mencapai kedalaman berjarak (6,093 kaki atau 1,857 meter).  hampir dua miliar tahun sejarah geologis Bumi telah terkena sebagai Sungai Colorado dan sungainya memotong saluran mereka melalui lapisan setelah lapisan batu sementara dataran Colorado terangkat. Sementara beberapa aspek tentang sejarah sayatan Canyon diperdebatkan oleh ahli geologi beberapa studi terbaru mendukung hipotesis bahwa Sungai Colorado didirikan perjalanannya melalui daerah sekitar 5 atau 6 juta tahun yang lalu. sejak saat itu, Sungai Colorado telah mendorong turun-memotong anak sungai dan retret tebing, secara bersamaan pendalaman dan pelebaran ngarai.
Selama ribuan tahun, wilayah ini telah terus-menerus dihuni oleh penduduk asli Amerika, yang membangun pemukiman dalam ngarai dan gua-gua yang banyak. Orang-orang Pueblo dianggap Grand Canyon (“Ongtupqa” dalam bahasa Hopi) tempat suci, dan membuat ziarah untuk itu orang Eropa pertama yang diketahui telah melihat Grand Canyon adalah García López de Cárdenas dari Spanyol, yang tiba di 1540.

Semoga materi mengenai descriptive text tersebut dapat dipahami dengan baik oleh sahabat SBI dan menjadi bahan belajar yg bermanfaat 🙂


Simak Materi SBI Lainya :

Comments

comments