Wow!!! Ini Dia 50 Bocoran Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

Posted on

 

7. What Motivates You? (Apa yang memotivasi Anda)?

Tidak perlu ragu atau takut untuk menjawab pertanyaan ini karena jawaban Anda sangat tergantung pada latar belakang dan pengalaman hidupmu. Intinya kamu perlu tahu apa yang kamu inginkan terhadap sebuah pekerjaan. Jawaban yang paling aman dan baik untuk pertanyaan ini adalah yang mengacu ke profil perusahaan.

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang profil perusahaan tersebut sebelum tes interview. Misal anda melamar ke sebuah kursus Bahasa Inggris yang sudah terkenal, jawabannya adalah :

  • I have dreamed to work here since I was a child. My grandfather, my father, and two of my uncles once worked. I grow up knowing that this company is a very good one. It gives more benefits for its workers. It cares about the environment and the surroundings. I really want to work here.

Saya telah bermimpi untuk bekerja di sini sejak kecil. Kakek saya, ayah saya, dan dua dari paman saya pernah bekerja disini. Saya mengetahui bahwa perusahaan ini adalah salah satu yang terbaik. Ini memberi manfaat lebih bagi para pekerjanya. perusahaan Ini peduli lingkungan dan sekitarnya. Saya benar benar ingin bekerja di sini.

  • What motivates me is my life. I feel so blessed. want to be able to give more to people all around the world. I want to be able to touch all characters and cultures of the people. I want to work with more people. I want others to get more from me.

Apa yang memotivasi saya adalah hidup saya. Saya merasa sangat diberkahi. Saya ingin bisa memberikan lebih kepada orang-orang di seluruh dunia. Saya ingin bisa menyentuh semua karakter dan budaya masyarakat. Saya ingin bekerja dengan lebih banyak orang. Saya ingin orang lain mendapatkan lebih banyak hal dari saya.

loading...
  • I’ve always been motivated by the desire to do a good job at whatever position I’m in. I want to excel and to be successful in my job, both for my own personal satisfaction and for my employer. My job is not only a device to earn money. It is also my hobby, my challenge.

Saya selalu dimotivasi oleh keinginan untuk melaku­kan pekerjaan dengan baik di posisi apapun saya. Saya ingin unggul dan berhasil dalam pekerjaan saya, baik untuk kepuasan pribadi saya sendiri dan untuk atasan saya. Tugas saya adalah tidak hanya sebuah perangkat untuk mendapatkan uang. Hal ini juga hobi saya, tantangan saya.

8. Why Should We Hire You? (Mengapa kami pantas menerima Anda)?

Untuk menjawab pertanyaan ini Anda harus percaya diri, artinya Anda tidak perlu ragu atau khawatir orang akan mencemooh Anda. Yang perlu Anda katakan adalah Anda mengetahui dengan pasti tentang diri Anda sendiri. Misalnya:

  • 1 am a hard worker and a fast 1 also have some e’periences about marketing in my previous job. Here fore, I will dedicate my skill and effort to this company.

Saya seorang pekerja keras dan cepat belajar. Saya juga memiliki beberapa pengalaman tentang pemasaran dalam pekerjaan saya sebelumnya. Sehingga, saya akan mendedikasikan keahlian dan upaya saya untuk perusahaan ini.

  • I believe that I’m the best person for the I realize that there are many other people who have the ability to do this job. I also have that ability. But I bring an additional quality that makes me the very best person for the job, my attitude for excellence. Not just giving lip service to excellence, but putting every part of myself into achieving it.

Saya percaya bahwa saya orang terbaik untuk pekerjaan itu. Saya tahu ada banyak orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan ini. Saya juga memiliki kemampuan itu. tapi saya memiliki kualitas lain yang membuat saya memiliki kualitas terbaik untuk pekerjaan itu, yaitu sikap untuk menjadi unggul. Bukan hanya memberikan pelayanan untuk sebuah kelebihan, tetapi menempatkan setiap bagian dari diri untuk mencapainya.

9. Are You Ready To Work Overtime? (Apa kah Anda bersedia bekerja lembur?)

Jawab pertanyaan ini dengan singkat dan lugas.

If it is necessary, I will work overtime. It is no problem at all for me.

Jika hal itu dibutuhkan, saya akan bekerja lembur. Hal ini tidak ada masalah sama sekali bagi saya.

 

10. How Much Salary Do You Expect ? (Berapa gaji yang anda harapkan)?

Inilah pertanyaan yang cukup sering dibahas. Ukuran yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya adalah UMR (Upah Minimum Regional) atau data yang Anda dapatkan dari orang lain yang telah bekerja ditempat tersebut. Atau, kamu boleh mengajukan pertanyaan balik :

Could you tell me the range for this position? (Bisakah Anda ceritakan berapa rentang untuk posisi ini?)

Kalimat tersebut akan memberikan perkiraan gaji yang diharapkan. Anda dapat menjelaskan atau menguraikan kebutuhan Anda, seperti kebutuhann sehari-hari (daily needs), listrik, pulsa, air, sewa kamar/ rumah bila belum memiliki rumah, dan lain-lain.

Atau Jawab Dengan Cara Seperti Ini :

Berapa gaji yang anda harapkan ? Katakan sambil tersenyum “Pertanyaan yang cukup sulit, namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?” Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan.

Jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Itu pun masih kisaran saja, jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda.

11. Why Did You Choose This Career ? (Mengapa Anda memilih karir ini)?

Anda bisa menjelaskan alasan Anda secara pribadi mengapa Anda tertarik untuk menekuni karir Anda, misal untuk karir marketing.

love making friends with many kinds of people. I like doing all things related to marketing. To me, marketing is so challenging. I am happy when I can convince others how the product can make their life easier.

Saya suka berteman dengan banyak orang. Saya suka melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran. Bagi saya, pemasaran sangat menantang. Saya senang ketika saya dapat meyakinkan orang lain bagaimana sebuah produk dapat membuat hidup mereka lebih mudah.

Misalnya Anda ingin menjawab ketertarikan Anda untuk mengajar.

I have chosen education as a career because I believe that education is perhaps the most important function performed in our culture, or for that matter, any culture. I believe that teachers individually and collectively can not only change the world, but improve it, and in the process find personal and professional renewal. I want to be part ot tins noble profession, and someday to be counted among those in whom future pre-service teachers found inspiration.

Saya telah memilih pendidikan sebagai karier karena saya percaya bahwa pendidikan mungkin fungsi yang paling penting dilakukan dalam budaya kita, atau dalam hal ini, setiap kebudayaan. Saya percaya bahwa guru secara individual dan kolektif tidak hanya bisa mengubah dunia, tapi memperbaikinya, dan dalam proses menemukan pembaharuan pribadi dan prof esional. Saya ingin menjadi bagian dari profesi yang mulia ini, dan suatu hari nanti akan dihitung di antara orang-orang yang di dalamnya guru preservice masa depan menemukan inspirasi.

Misal Anda tertarik menekuni karir sebagai guru komputer.

Computer is very smart. There are a lot of things we can do with it. Many people try to use computer for something bad. It’s my job to educate people how to use computer wisely and how to be computer literate. Computer is like the soul of my life. I will let my soul guide me to do more things for others.

Komputer sangat cerdas. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengannya. Banyak orang mencoba untuk menggunakan komputer untuk sesuatu yang buruk. Itu tugas saya untuk mendidik masyarakat bagaimana menggunakan komputer dengan bijak dan bagaimana menjadi melek komputer. Komputer seperti jiwa hidup saya. Saya akan membiarkan jiwa ini membimbing saya untuk melakukan lebih banyak hal untuk orang lain.

12. What Do You Really Want To Do In Life? (Apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dalam hidup)?

Ini merupakan sesuatu yang filosofis. Namun, sebaiknya Anda menjawab apa adanya tentang hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup ini. Kamu bisa menjawab seperti berikut:

want to make my family, especially my parents, happy. want to to share what God has given to me and help others realize their dreams. And I want to help as many people as possible.

Saya ingin membuat keluargaku, khususnya orang tua bahagia. Saya ingin berbagi atas apa yang Allah berikan kepada saya dan menolong orang lain untuk mewujudkan mimpinYa. Dan saya ingin menolong orang sebanyak mungkin.

13. What Are Your Long Term Career Objectives? (Apa tujuan karir Anda pada jangka waktu yang lama)?

Sebaiknya, Anda memberikan jawaban yang mere-fleksikan keinginan Anda untuk menjadi seorang pekerja profesional yang melayani dan memberi, baik kepada orang lain maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Misal:

I want to be an inspiring worker who can work with anybody in any situation to make this company the best one in the world.

Saya ingin menjadi seorang pekerja yang meng. inspirasi yang dapat bekerja dengan setiap orang di berbagai situasi untuk membuat perusahaan ini menjadi perusaahaan terbaik di dunia.

14. What Are The Most Important Rewards That You Expect ‘ In Your Career? (Penghargaan apa yang paling penting yang anda harapkan dalam karir Anda?)

Ini bukanlah suatu hal yang berlebihan. Karena pada dasarnya semua manusia ingin dihargai dan diakui. Anda bisa mengatakan bahwa reward terbaik bagi Anda adalah bisa memberikan hal terbaik bagi institusi Anda.

My biggest reward is professionality in my work.

(penghargaan terbesar saya adalah profesional dalam kinerja).

 

15. What Do You See Yourself Doing Five Years From Now? (Apa yang Anda lihat pada diri Anda lima tahun yang akan datang?)

Pewawancara dalam hal ini ingin mengetahui seberapa jauh visi dan misimu kedepan. Cobalah untuk menjadi seorang pemimpin bagi dirimu sendiri yang melihat masa depanmu dengan apa yang dihadapi saat ini, tentu saja kamu sebaiknya menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain Misal:

Five years from Now, I will be one of the best banking analysts, a business consultant, and a creative enter­preneur who has an advertising agency in Indonesia. I want to share my knowledge to more and more people who want to establish their own company.

Lima tahun dari sekarang, saya akan menjadi seorang analis perbankan terbaik, seorang konsultan bisnis, dan seorang pengusaha yang kreatif yang memiliki biro iklan di Indonesia. Saya ingin berbagi ilmu kepada banyak orang agar semakin banyak orang yang ingin mendirikan perusaahaan mereka sendiri.

16. How Would You Evaluate Your Ability To Deal With Conflict? (Bagaimana Anda mengeyaluasi kemampuan dalam menghadapi konflik?)

I am not a person who likes to have any conflict with others. To me, having a lot of friends is better than having an enemy. But if I have to deal with a conflict, I will find a solution as soon as possible and I will try to be professional and not to decide things based on likes or dislikes.

Saya bukan orang yang suka memiliki konflik dengan memiliki banyak teman lebih baik orang lain. Bagi saya, daripada memiliki musuh. Tetapi jika aku harus berurusan dengan konflik, saya akan menemukan solusi secepat possibble dan saya akan mencoba untuk menjadi prof esional dan tidak untuk memutuskan sesuatu berdasarkan suka atau tidak suka.