Tips Wawancara Kerja
Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja Agar Tampil “Beda Dan Berkesan”

Posted on

Tips Wawancara Atau Interview Kerja Dalam Materi Sekolah Bahasa Inggris Kali Ini Bisa Untuk Umum Agar “Tampil Beda Dan Berkesan”

 

Tips ini kami ini ambil dari buku karangan Uswatun Hasanah, M.Pd. dengan penerbit ARASKA, WAWANCARA adalah salah satu tahapan yang hampir selalu ada dalam setiap proses perekrutan karyawan baru oleh sebuah perusahaan. Tahap ini diadakan untuk lebfh mengenal pribadi si pelamar dan mencari inf ormasi yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Oleh sebab itu, si pelamar kerja harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga tampil menyakinkan dalam proses wawancara.

Tips Wawancara Kerja
Tips Wawancara Kerja
  • Sebelum hari wawancara tiba, ada baiknya si pelamar melakukan riset kecil untuk mengetahui profil perusahaan yang dilamar dan mengetahui secara umum deskripsi kerja sehubungan dengan posisi yang dilamar. Pada hari wawancara, datang tepat waktu menjadi suatu keharusan. Usahakan agar datang minimal is menit sebelum jadwal yang ditetapkan agar Anda memiliki waktu untuk menenangkan diri dan mengisi formulir aplikasi serta data diri dengan tidak tergesa gesa. Penampilan rapi dan bergaya yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Tiba saat dipanggil dan masuk ke ruangan wawancara, Anda dapat berinisiatif menyapa dan menja bat tangan si pewawancara terlebih dahulu. Perkenalkan nama Anda dengan suara yang jelas untuk menciptakan suasana akrab dan relaks. Selama proses wawancara berlangsung, tetaplah bersikap sopan, memberikan senyum terbaik.
  • Saat si pewawancara memberikan penjelasan, dengarkan dengan seksama. Mulailah untuk menjawab pertanyaan secara ringkas dan terarah. Biasanya untuk membuka komunikasi, pewawancara akan meminta si pelamar untuk menceritakan tentang diri si pelamar dalam waktu 5-io menit. Ini adalah kesempatan Anda untuk mempromosikan diri dengan baik. Jangan sampai Anda terkesan bingung.
  • Jawablah setiap pertanyaan dengan antusias dan tetap fokus, tidak terburu-buru. Berikan contoh atau ilustrasi nyata tentang kemampuan Anda yang disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar. Bila Anda diberikan kesempatan bertanya oleh pewawancara, maka kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk bertanya mengenai jenis pekerjaan dan tanggung jawab posisi yang dilamar serta tahapan rekrutmen selanjutnya.

 

Apabila proses wawanara sudah selesai, Anda dapat menyalami kembali pewawancara dengan sopan dan mengucapkan terima kasih atas waktunya. Dalam waktu 2-3 hari, Anda dapat mengirimkan thank you kepada pihak yang mewawancarai, untuk memberikan apresiasi dan minat untuk bergabung ke dalam perusahaan tersebut.

Silahkan lihat materi yang berhubungan dengan wawan cara kerja :

 

Semoga Tips Wawancara Atau Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris Agar “Tampil Beda Dan Berkesan” Bermanfaat Para Sahabat SBI 🙂

Facebook Comments