Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri
Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri

Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri

Posted on

Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri

 

Inilah Tips jitu agar kamu bisa kuliah luar negeri via beasiswa Salah Satunya Dengan Cara Berhasil Menghadapi Interview, Tips ini yang kami ini ambil dari buku karangan Uswatun Hasanah, M.Pd. dengan penerbit ARASKA. BANYAK jenis wawancara termasuk wawancara beasiswa, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris.

Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri
Tips Jitu Dan Cara Menghadapi Wawancara Beasiswa Luar Negeri

Pada intinya, pertanyaan untuk tes wawancara ini adalah untuk menggali informasi tentang tujuan Anda memperoleh beasiswa tersebut. Satu hal yang paling penting, Anda harus menjawabnya dengan jujur. Jangan melakukan kebohongan untuk mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan tersebut.

Sebagaimana wawancara kerja, hal yang perta ma kali ditanyakan oleh interviewer atau orang yang mewawancarai Anda adalah tentang did Anda secara personal. ” Tell me abou yourself’, jadi Anda diminta untuk menjelaskan kepada pihak penanya tentang diri Anda dalam Bahasa Inggris. Jawaban bisa Anda lihat sebagai berikut :

  • What Motivates You To Get This Scholarship? (Apa yang memotivasi Anda mendaptkan beasiswa ini?)

Pertanyaan ini terkesan relatif mudah untuk men-jawabnya. Namun Anda harus ingat, jawablah dengan jujur dan tidak terkesan berlebihan. Jangan terkesan mengemis dan berharap terlalu banyak.

I really want to study in Australia. I have been dreaming to go there since I was in kindergarten when I saw a picture of the country. 1 guess this scholarship can be a road to realize my dream. I also know that the university is one of the best so my dream to study there will be true.

Saya benar-benar ingin belajar di Australia. Saya telah bermimpi untuk pergi ke sana sejak masih di taman kanak¬kanak ketika saya melihat foto negara tersebut. Saya kira beasiswa ini bisa menjadi jalan untuk mewujudkan impian saya. Saya juga tahu bahwa universitas tersebut adalah salah satu yang terbaik sehingga mimpi auntuk belajar disana kan menjadi kenyataan.

  • Give Us An Example Of A Time You Over Came Adversity. (Berilah contoh saat kamu mengalami kesulitan)

Anda dapat menjawabnya dengan menceritak pe-ngalaman Anda yang berkaitan dengan hubungan kamu dengan orang lain disekitarmu sedang bermasalah.

I once had a problem with my senior in my school. I tried not to take the situation worse. I asked him to talk  though I was very scared. I gave him candies. Now we are best friend.

Saya pernah punya masalah dengan senior saya di sekolah saya. Saya mencoba untuk tidak terlibat dalam situasi yang lebih buruk lagi. Saya memintanya untuk berbicara meskipun saya sangat takut. Saya memberinya permen. Sekarang kita berteman baik.

  • Tell Us About Your Current Experience When You Were In Undergraduate Program, Were There Any Challenges And How Did You Overcome Them? (Ceritakan tentang pengalamanmu ketika kuliyah 5-1 dulu, adakah tantangan tertentu dan bagaimana Anda mengatasinya?)

Jawablah pertanyaan ini dengan lugas.

Basically, I consider all things happened during my undergraduate program were wonderful. I had to finish my final task in 4 months since I had to take the data in a remote area. I just thought that if I did common and usual things, that final task would not be special. Actually, it was my lecturer’s challenge. I took that challenge because it took work hard and tried to solve new problems.

Pada dasarnya, saya menganggap semua hal yang terjadi selama program sarjana saya yang indah. Saya harus menyelesaikan tugas akhir saya dalam 4 bulan sejak saya mengambil data di daerah terpencil. Saya hanya berpikir bahwa jika saya melakukan hal-hal yang umum dan biasa, tugas akhir tidak akan menjadi istimewa. Sebenarnya, itu adalah tantangan dari dosen saya. Saya mengambil hal yang menantang dan butuh kerja keras dan mencoba memecahkan masalah baru.

  • How Do You Contribute To Your Country? (Bagaimana cara Anda berkontribusi terhadap negaramu?)

Anda bisa menyebutkan bidang studi yang Anda pilih dan jelaskan alasan dan kontribusi apa yang bisa dihasilkan dari bidang tersebut terhadap kemajuan negara ini. Mulailah dari hal atau permasalahan yang terjadi di negara ini, lalu kaitkan dengan bidang yang Anda tekuni.

One of the problem in our country is in education, exactly in learning students. The students don’t apply what they have learned, coming late to the school, lack interst and motivation, and the students don’t keep reading to improve their knowledge. So that why I really want to be a good teacher to solve the problems and keep the solutions for our future.

Salah satu masalah di negara kita adalah di bidang pendidikan, tepatnya di masalah pembelajaran siswa. Para siswa tidak menerapkan apa yang telah mereka pelajari, datang terlambat ke sekolah, kurang interst dan motivasi, dan siswa tidak terus membaca untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Jadi itu sebabnya saya benar-benar ingin menjadi seorang guru yang baik untuk memecahkan masalah bagi masa depan kita.

Cleanliness is a major problem in my country. What i am going to learn will make me be able to create some innovations in handling problems related to cleanliness.

Kebersihan adalah masalah besar di negara saya. Apa yang saya akan belajar akan membuat saya bisa membuat beberapa inovasi dalam masalah penanganan yang berkaitan dengan kebersihan.

Lanjut Ke Halaman 2 :

Comments

comments