Tips dan Trik Belajar Idiom untuk Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara Drastis

Posted on

Mengapa kita harus belajar idiom?

Salah satu hal yang benar-benar memberikan karakter dari suatu bahasa adalah idiom, namun ketika kita pertama kali mulai belajar bahasa inggris. kita selalu takut menghabiskan terlalu banyak waktu untuk belajar idiom. Jika kita harus memasukkan idiom ke dalam sebuah kalimat, tanpa disadari kita akan berusaha menggantinya dengan istilah singkatnya. Dan keengganan kita untuk menggunakan idiom ini berasal dari ketakutan kita akan idiom yang kita fikir akan sangat susah menggunakannya dalam kalimat bahas inggris.

Namun, pengalaman telah mengajarkan kita secara berbeda. Berikut ini alasannya:

1)

Kita sangat sering menggambarkan situasi dan idiom adalah cara terbaik untuk mengekspresikan apa yang ingin kita katakan. Menggunakan idiom akan secara tidak sadar memperluas kemampuan kita untuk berkomunikasi.

2)

Kita yang sedang belajar bahasa inggris sering tertarik untuk memberikan terjemahan dari sebuah idiom dalam bahasa kita dan sangat sering kita dapat menyediakan ekspresi setara dari istilah bahasa kita  dalam bahasa Inggris. Misalnya, seorang Korea mengatakan kepada kita bahwa dalam bahasa Korea ada ekspresi sepanjang baris  ‘someone else’s rice cake always looks bigger than yours.’ Dalam bahasa Inggris kita juga mempunyai ungkapan ‘The grass is always greener on the other side of the fence.’ Kedua ucapan ini sama atinya yaitu mengekspresikan gagasan bahwa sesuatu yang sudah Kita miliki itu tidak semenarik hal yang sama yang dimiliki orang lain.

Tips dan trik belajar idiom untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris secara drastis

3)

Kita sebenarnya tidak mungkin untuk menghindari bahasa idiomatik sama sekali, dan banyak ekspresi yang tampak alami untuk penutur asli memiliki arti kiasan yang sama artinya dengan yang bahasa lain miliki yang menjelaskan ekspresi yang sama. Misalnya penutur asli sering menggunakan ungkapan ‘fed up’ berarti bosan dan frustrasi karena mereka telah lelah melakukan sesuatu. Idiom ini lebih mudah untuk mengingatnya setelah Kita memahami perkataan ini timbul karena Kita telah ‘eat’ sesuatu sampai Kita benar-benar kenyang?

4)

Idiom sangat berlimpah dalam bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus, misalnya dalam Business English kami sering berbicara tentang ‘thinking outside the box’ untuk berarti tidak dibatasi oleh pemikiran konvensional.

5)

Kita sebagai orang yang belajar bahasa inggris tidak perlu harus menggunakan banyak idiom tetapi kita juga perlu untuk mengetahui dan memiliki setidaknya idiom yang paling umum dalam pengetahuan pasif dari penutur asli mengenai idiom jika kita ingin memaksimalkan pemahaman kita tentang bahasa. Hal ini berlaku dari bahasa tertulis hingga yang diucapkan. Headline koran adalah contoh yang baik di sini untuk memulai belajar idiom bahasa inggris.

6)

Akhirnya, idiom adalah cara yang menyenangkan untuk menggunakan bahasa dan kenikmatan berbahasa yang akan membantu kita untuk belajar lebih efektif.

Kita ingin meninggalkan kemampuan berbahasa inggris Kita dengan satu kata akhir tentang bagaimana menggunakan idiom, yaitu bahwa penutur asli sering hanya merujuk kepada satu idiom atau menggunakan versi singkat dari bahasanya daripada menggunakan seluruh ekspresi dengan menggunakan kalimat konvensional. Mari kita lihat lagi kata ‘The grass is always greener on the other side of the fence’.  Kita dapat memperpendeknya ‘The grass is always greener on the other side’ atau malah hanya dengan ‘The grass is always greener’. Akan sangat bagus untuk dapat mengekspresikan diri dengan kata-kata yang begitu ekonomis dan sederhana.

Comments

comments