Struktur Presentasi Yang Baik Dalam Bahasa Inggris
Struktur Presentasi Yang Baik Dalam Bahasa Inggris

Struktur Presentasi Yang Baik Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Struktur Dan Cara Membuat Presentasi Yang Baik Dan Benar Dalam Bahasa Inggris

Struktur Presentasi Yang Baik Dalam Bahasa Inggris

Mengapa sebuah presentasi harus memiliki struktur yang baik ?

  • Karena membantu kita sebagai presenter dalam me-nyampaikan ide-ide yang akan kita sampaikan kepada audiens secara runtut.
  • Karena membantu kita sebagai presenter supya tetap fokus pada ide-ide utama yang akan disampaikan.
  • Karena membantu audiens dalam mengingat poin-poin atau hal-haI penting yang kita sampaikan.

 

Secara umum struktur presentasi terdiri dari tiga bagian :

  • Opening (Pembukaan)

Di bagian ini Anda harus mampu membuat audiens tertarik dan termotivasi untuk mendengarkan Anda. Manfaatkan waktu sepuluh menit pertama untuk merebut atensi audiens. Karena Ini akan menjadi momentum penting dari keseluruhan presentasi yang akan Anda sampaikan. Jika Anda sedang berada di kantor ataupun di kelas, dan Anda ingin presentasi dan menjelaskan sebuah materi menggunakan bahasa I nggris, dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan disaat presentasi.

Langkah pertama:

Berilah kalimat sapaan dan ucapan salam terima kasih karena telah hadir dalam acara tersebut :

1.   Assalamu’alaikum Wr. Wb / Thank you for coming to / I am glad to see you all.
2.  Good morning / afternoon/ evening everybody / friends/ guys.
3.    Good morning / Afternoon ladies and gentlemen. an honor to meet you here 🙂
4.    Selanjutnya, anda dapat memperkenalkan diri anda/ kelompok (if you are not alone).
5.    Let me introduce myself. My name’s    I am from
6.    Let me introduce myself and my partner. I am and my partner is    We are from.

 

Kalimat pembuka sebuah presentasi bisa bermacam-macam, Anda bisa langsung menyapa dan memper-kenalkan diri Anda. Selain itu, anda juga bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada audiens anda terlebih dahulu, menggunakan cerita sebagai pengantar, menggunakan data, ataupun mengutip quote.

  • Good morning. My name’s Joko Santosa. As you know I am the marketing manager of FR Consulting Group, which is based in Tokyo. ( Selamat pagi, nama saya Joko Santosa. Seperti yang Anda ketahui saat ini saya bekerja sebagai manajer pemasaran di FR Consulting Group, perusahaan yang berpusat di Tokyo. )
  • Good afternoon, ladies and gentlemen. lt is my privilege today to be here to present my research paper on peat land. ( Selamat sore, Bapak dan Ibu semuanya. Menjadi kehormatan bagi saya pada hari ini saya bisa mem-presentasikan hasil penelitan saya mengenai lahan gambut. )
  • Good morning. Before I get down to the serious business of this presentation, I’d like to ask you a simple question. ( Selamat pagi, sebelum saya masuk ke masalah yang lebih serius dalam presentasi ini, saya akan me¬ngajukan satu pertanyaan. )
  • Good evening. lt is great to be here today. As you all know. I am the head of the production department. I have been working for this company for io years. Before that I worked in a multinational automotive companY based in Japan. I am talking to you today as the manager of the team, which developed this new product. ( Selamat malam. Sangat menyenangkan saya bisa berada di sini hari ini. Sebagaimana Anda semua ketahui saya saat ini mengepalai departemen produksi. Saya sudah bekerja di perusahaan ini selama io tahun. Sebelumnya saya bekerja di satu perusahaan otomotif multinasional yang berpusat di Jepang. Saya berbicara di hadapan Anda semua saat ini sebagai manajer tim yang mengembangkan produk baru ini. )

 

  • Message (Pesan)

Ini adalah tahap di mana Anda harus menyajikan topik pembicaraan secara mendetail namun efisien. Artinya Anda harus mampu memilih mana-mana informasi yang harus Anda sampaikan dan mana yang tidak perlu. Jangan sampai Anda terjebak untuk membahas semua hal secara panjang lebar.

Kenapa tidak boleh panjang lebar, bukankah itu bagus, jadi audiens bisa mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat. Itu benar, namun Anda harus sadar bahwa audiens memiliki keterbatasan, yaitu tidak mungkin mampu menyerap informasi yang sangat banyak dalam satu kali waktu pertemuan. Selain masalah keterbatasan penerimaan audiens, masalah waktu juga harus kita perhatikan.

I would like to talk about how to create a blog, create a blog can use wordpress. The first step is to create a blog how to buy a domain and hosting. Once in the synchronous domain and hosting we can simply fiII in the content of the blog. After that we can design the layout of the blog is in accordance with the theme of our blog.

 

  • Closing (Penutup)

Sama halnya dengan pembukaan, bagian penutup juga memiliki peran yang sangat penting dalam presentasi. Penutup yang baik harus berkesan. Artinya Anda harus meninggalkan sesuatu yang benar-benar melekat dalam pikiran audiens. Namun, setelah Anda menjelaskan isi, maksud dan tujuan Anda dalam presentasi, Anda harus memberi kesempatan audiens untuk bertanya sebelum Anda menutup presentasi.

1.     “Any question?
2.    “Anybody would like to ask?
3.    “Now try to answer any questions you may have.”
4.    “Can I answer any questions?”
5.    “Are there any questions?”
6.    “Do you have any questions?”
7.    “Are there any final questions?”
Selanjutnya, Buatlah sebuah kesimpulan dari materi yang telah Anda sampaikan.

i. In conclusion …..
2. In summary ……
Setelah semuanya selesai, buatlah kalimat penutup dan mengucapkan terima kasih kepada audiens.

  1. Thank you for your attention.
  2. Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen.
  3. Many thanks for your attention.
  4. May I thank you all for being such an attentive audience.

 

Semoga Bermanfaat Para Sahabat SBI 🙂

Baca Juga :

Comments

comments