Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Efektif Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw Teknik

Posted on

 

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Efektif Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw – Dalam pembelajaran Bahasa Inggris dalam kelas hanya sebagian guru yang menggunakan metode mengajar yang  efektif. Mereka sering mengabaikan perlunya situasi pembelajaran yang menyenangkan dalam kelas sehingga para siswa tidak merasa bete dan ngantuk sehingga proses pembelajaran dalam kelas jauh dari kata efektif. Ini mungkin karena teknik atau metode yang digunakan oleh guru itu hanya itu- itu saja. Sebagai contoh guru mendominasi aktivitas dalam kelas, guru hanya berdiri di depan kelas dan menjelaskan materi sampai waktu pelajaran habis. Sangat jarang sekali siswa terlibat dalam proses pembelajaran karena mereka berpikir tidak mempunyai  kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. Tentunya ini akan mempengaruhi pemahaman mereka terkait materi yang diberikan.

 Oleh karena itu sebagai guru bahasa inggris wajib menggunakan teknik atau metode yang mendukung proses terjadinya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Salah satunya adalah menggunakan pendekatatan cooperative learning.  Banyak guru tidak tahu bahkan mengabaikan pendekatan ini.  Di dalam pendekatan Cooperative Learning, para siswa harus bekerja dalam grup untuk menyelesaikan tugas. Disini peran guru berubah yang tadinya memberi informasi  atau pusat informasi menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran.  Jadi guru hanya berperan menyediakan lingkungan yang kondusif, menyiapkan materi,  membentuk kelompok, mengawasi kerja kelompok dan di akhir pembelajaran menugaskan dan membantu siswa menyimpulkan dan menngabungkan material. Ada banyak teknik yang termasuk dalam pendekatan Cooperative Learning, mereka adalah Diskusi grup , STAD, Mind Mapping, Role play  dan Jigsaw.

 Nah.. Pada artikel ini saya akan mengulas Jigsaw teknik yang termasuk pendekatan Cooperative Learning. Dibawah ini adalah ilustrasi bagaimana jigsaw bekerja.

Setiap potongan dari jigsaw puzzle sangat penting untuk membentuk sebuah gambar yang sempurna. Begitu juga dengan setiap siswa memiliki peranan penting untuk membentuk kelompok dan mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif.  Untuk itu teknik ini sangat membantu para siswa untuk berpikir kreatif dan tidak bergantung pada lainnya.

metode pembelajaran bahasa inggris yang efektif

Ada  10 (sepuluh) langkah penting untuk menerapkan Jigsaw teknik di dalam kelas(www.jigsaw.org) :

  1. Pembagian kelompok yang berisi 5 atau 6 orang. Sangat ideal untu kelas yang berisi 30 siswa. Kelompok awal ini bisa dinamakan jigsaw grup.
  2. Setiap grup harus memilih ketua yang bisa di katakan paling berani berbicara di kelompoknya.
  3. Materi di bagi menjadi 5 – 6 bagian( untuk setiap anggota grup).
  4. Setiap siswa di berikan satu bagian dari materi untuk dipelajari.
  5. Siswa harus diberikan waktu untuk membaca dan memahami bagiannya paling tidak dua kali.
  6. Satu siswa dari setiap jigsaw grup yang memiliki bagian materi sama membentuk grup atau kelompok yang disebut grup ahli atau expert grup. Dalam expert grup mereka diberikan waktu untuk mendiskusikan poin penting dan menyiapkan materi yang akan mereka sampaikan pada grup awal mereka.
  7. Para siswa kembali ke grup awal atau jigsaw grup.
  8. Siswa menyampaikan bagian materi yang mereka diskusikan pada grup expert secara berurutan sesuai materi. Anggota kelompok yang lain dapat bertanya pada siswa yang sedang menyampaikan materi.
  9. Guru mengawasi proses diskusi dan mengatasi masalah yang terjadi pada grup.
  10. Kuis harus diberikan di akhir sehingga para siswa sadar kegiatan belajar tersebut tidak hanya untuk kesenangan dan permainan tetapi juga ada penilaian untuk proses tersebut.

 

Demikian ulasan tentang salah satu teknik yang dapat membantu terjadinya proses pembelajaran bahasa inggris yang efektif.

Semoga Bermanfaat untuk para sahabat SBI.