Latihan Translation Berita Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris

Posted on

Latihan Translation Berita Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris – Para Sahabat SBI yang baik hatinya, kesempatan kali ini kita akan berlatih translation dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Karena sebelumnya saya sudah beberapa kali membahas Translation atau terjemahan dari Bahasa Inggris ke Indonesia. Selain itu, ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam penerjermahan antara lain :

  • mempelajari leksikon (perkata),
  • struktur gramatikal,
  • situasi komunikasi,
  • konteks budaya dari teks bahasa sumber,
  • menganalisisnya untuk menentukan maknanya,
  • merekonstruksi makna yang sama ini menggunakan leksikon dan struktur gramatikal yang sesuai dalam bahasa reseptor dan konteks budayanya.

 Berikut adalah contoh hasil terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Bahasa Indonesia

Hingga saat ini, sedikitnya 4 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM ), Yogyakarta, telah menjadi korban “cuci otak” kelompok yang ingin mendirikan Negara Islam Indonesia.

Besar kemungkinan  jumlah tersebut akan bertambah, seiring semakin terbukanya kasus tersebut. Hal itu dikatakan Direktur Kemahasiswaan UGM Haryanto di UGM, Senin (25/4/2011).

loading...

“Gerakan Negara Islam Indonesia (NII) telah lama ada dan kini melebarkan jaringannya ke kampus-kampus. Strategi gerakannya juga telah mengalami perubahan. Dulu mereka masuk ke kelompok-kelompok kajian yang eksklusif, kini mereka lebih cair mencari korban ke kamar-kamar kos bahkan ke kafe maupun mal. Jadi besar kemungkinan yang terungkap sekarang merupakan puncak gunung es,” papar Haryanto.

Untuk antisipasi agar gerakan itu tidak meluas, UGM melakukan koordinasi yang melibatkan bidang akademik semua fakultas, bidang IT UGM, wakil dekan bidang kemahasiswaan, dan orangtua mahasiswa.

Dari koordinasi itu nanti akan dibentuk tim yang akan bekerja di lingkungan UGM dan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain. “Kami akan membentuk tim untuk melakukan deteksi dini dan juga melakukan rehabilitasi bagi para korban yang telanjur menjalani cuci otak,” kata Haryanto.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan, persoalan NII merupakan masalah yang besar seperti halnya gempa bumi di DIY-Jateng maupun erupsi Gunung Merapi sehingga memerlukan pemikiran dan langkah tegas dan komprehensif yang melibatkan semua pihak.

 Latihan translation bahasa indonesia bahasa inggris


English

Until now on, at least 4 students at the University of Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, has been the victim of”brainwashing” group that wants to establish the Islamic State of Indonesia.
Most likely that number will increase, as the opening of the case. It is said Director of Student Affairs at UGM UGM Haryanto, Monday (25/04/2011).

“Gerakan Negara Islam Indonesia (NII) has been exist for a long time and now expanding its network to the campuses. The agression strategy also has been changed. In the past, they entered exclusive study group, they are looking for the victim more aggresively now to the boarding rooms and even to cafes and malls. Probably, the problem that has been revealed today is just a little part of a big problem “said Haryanto.

To anticipate the spread of the aggression, UGM do a coordination involving all faculty in the academic field, the IT field of UGM, vice dean of student affairs, students, and parents.

From the coordination, there is a team that will be formed to work in UGM and establish a cooperation with other universities. “We will form a team to conduct early detection and rehabilitation for the victims who already undergo brainwashing,” said Haryanto.

Furthermore Haryanto said, NII is a huge problem like an earthquake in Yogyakarta, Central Java and the eruption of Mount Merapi, so it requires ideas and decisive and comprehensive steps that involves all parties.

Facebook Comments
loading...