Berbagai Macam Penggunaan Kata Had Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Berbagai Macam Penggunaan Kata Had Dalam Bahasa Inggris

Sahabat SBI dirumah ada yang masih bingung dengan penggunaan kata Had dalam Bahasa Inggris. Apa sih sebenrnya makna Kata had? Kata Had memiliki satu buah kegunaan dan satu buah makna. Had adalah kata yang memiliki kegunaan yang terbagi – bagi menjadi beberapa arti. Ingin tahu apa saja pemakaian kata had dalam bahasa Inggris? Simak baik – baik pembahasannya berikut ini dengan saksama.

Berbagai Macam Penggunaan Kata Had Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata Had Dalam Bahasa Inggris

1. Had Dalam Past Tense

Pada dasarnya Had adalah perubahan kata have/has (Present Tense) ke dalam bentuk Past tense yang artinya memiliki atau mempunyai. Maka had muncul sebagai bentuk past tense yang berarti dipakai dalam kalimat-kalimat mengenai peristiwa masa lalu. Jadi, arti dari kata had yag pertama adalah memiliki/mempunyai yang dipakai dalam bentuk past tense.

Perhatikan contoh kalimat:

  • When I was child, I had many toys. (Saat aku kecil, mempunyai banyak mainan.)
  • I had a brilliant strategy when themeeting was being conducted. (Aku memiliki sebuah ide luar biasa ketika rapat sedang berlangsung.)

2. Had Dalam Present Perfect Tense

Teman –teman Pernah menemukan kalimat seperti ini, “I have had a handphone since three years ago”? Coba perhatikan bagaimana strukture yang terdapat dalam kalimat tersebut, ada kata have yang berdampingan dengan kata had bukan? Ingin tahu kenapa bisa seperti itu? Perhatikan pembahasanya dibawah ini.

Teman-teman perlu ketahui bahwa kalimat diatas adalah kalimat bentuk present perfect tense yang berarti kata have berperan sebagai auxiliary verb yang bermakna sudah/telah. Sedangkan kata had merupakan V3 atau past participle yang memiliki peran sebagai kata kerja utama serta berarti memiliki/mempunyai.

Jadi Had disini memiliki peran sebagai apa? Ya, Kata kerja Utama yang bermakna mempunyai/memiliki. Berdasarkan formula present perfect bahwa Has/Have + Past Participle (Verb 3), So kata has/have berdampngan dengan kata Had.

Perhatikan Contoh kalimat:

  • My father has had a car since three years ago. (Ayahku telah memiliki sebuah mobil sejak tiga tahun lalu.)
  • My parents has had that store since I was child. (Orang tuaku telah memiliki warung itu sejak aku kecil.)

3. Had Dalam Past Perfect Tense

Yang terakhir adalah Had dalam Past perfect. Sebenarnya kata had disini adalah perubahan dari has/have karena terjadi perubahan bentuk tense dari bentuk present ke perfect. Jika present perfect memakai strukture kata kerja Has/Have + Past Participle, maka pada past perfect memakai susunan kata kerja Had + Past Participle.

Untuk lebih jelasnya perhatikan Contoh kalimat dibawah:

  • I had turned on the AC after I arrived at home. (Saya telah menghidupkan AC setelah saya tiba dirumah.)
  • The train had crashed a bus after the driver of bus made a error. (Kereta itu telah menabrak sebuah bus setelah si sopir bus melakukan kesalahan.)
  • I had had many cars after I retired. (Saya telah mempunyai banyak mobil setelah saya pensiun.)

Teman – teman bingung ya, kenapa di kalimat ketiga ada dua kata had? Sebenarnya Had yang pertama memiliki peran sebagai kata kerja bantu (Auxiliary verb) sedangkan kata Had yang kedua adalah past participle yang memliki peran sebagai kata kerja utama.

Demikianlah Berbagai Macam Penggunaan Kata Had Dalam Bahasa Inggris. Semoga penjelasan ini bisa memberikan manfaat kepada Anda.