1000 Pengetahuan Tentang Hortatory Exposition Text

Diposting pada

1000 Pengetahuan Tentang Hortatory Exposition Text

Sekolah Bahasa Inggris-Hortatory text merupakan materi wajib yang harus di pelajari di dalam kurikulum pelajaran bahasa inggris di tingkat sekolah menengah hingga Universitas.

 Pernakah anda kesulitan dalam membedakan hortatory text dalam sebuah artikel. Apa yang dimaksud dengan sebuah hortatory text?

Secara umum hortatory exposition text adalah sebuah teks yang berbentuk ajakan untuk melakukan sesuatu pada si pembaca. Lalu apa perbedaan analytical exposition dengan hortatory exposition? Bukankah kedua teks ini sama-sama mengajak para si pembaca?

Untuk lebih jelasnya tentang hortatory exposition text mengenai definisi, contoh, serta persamaan dan perbedaan hortatory text dengan analytical exposition text dapat dipelajari seperti dibawah ini:

Hortatory Exposition Text adalah sebuah jenis text dalam bahasa Inggris yang mana penulis teks tersebut menghadirkan sebuah teks berupa ajakan untuk mempengaruhi sang pembaca dalam melakukan suatu tindakan.

  • Tujuan HET:

Tujuan dibuatnya HET atau Hertatory Exposition Text untuk berkomunikasi pada si pembaca dengan memaparkan maksud ajakan si penulis bahwa hal yang diberitahukan si penulis itu penting untuk dilakukan.

  • Perbedaan HET dan AET

Perbedaan dari HET dan AET (Analytical Exposition Text) adalah HET menghadirkan Recommendation sebagai paragraph penutup, sedangkan analytical tidak. Lalu analytical Exposition Text menghadirkan Reiteration (penulisan kembali gagasan pokok) sebagai penutup teks. Reiteration tidak mengandung ajakan kepada si pembaca.

  • Struktur Kebahasaan HET:

 

Struktur kebahasaan HET dibagi menjadi 3:

 –Thesis

Thesis adalah bagian yang berisikan ide pokok penulis tentang suatu kejadian yang akan dibahas dalam teks tersebut.

 –Arguments

Arguments merupakan bagian yang berisi tentang suatu pendapat yang mendukung ide pokok si penulis. Bagian ini selalu berisikan teks pendapat dari si penulis yang menarik agar pembaca terkesan dan mau melakukan perintah dari ajakan si penulis.

 –Recommendation

Recommendation adalah sebuah bagian yang berisikan tentang ajakan penulis terhadap si pembaca (rekomandasi).

  • Ciri-ciri HET:

Hertatory Exposition Text bercirikan:

-Text nya menggunakan simple present tense.

-Menggunakan kata firstly, secondly, thirdly (temporal connectives).

-Menggunakan evaluation words seperti thrustworthly, valuably, dan importantly.

 

  • Contoh Hortatory Exposition Text:

 

Illegal Logging

Thesis

What is Illegal Logging meant to you? Don’t you always see that in Indonesia? The Illegal logging is the activity of human in exploitation of forest without Goverments’ permission and replant it. It reaches up to 30% of the cruel exploitation of it .

Arti:

Apakah arti dari penebangan liar bagimu? Bukankah kamu selalu melihat hal tersebut terjadi di Indonesia? Penebangan liar adalah aktifitas manusia dalam mengeksploitasi hutan tanpa izin dari pemerintah dan penanaman kembali (tebang pilih). Angkanya mencapai 30% dalam eksploitasi besar-besaran dari keseluruhan hutan.

Semoga Bermanfaat Para Pembaca SBI!!!

Baca Juga:

1000 Contoh Procedure Text dalam Bahasa Inggris+Penjelasannya