1000 Jurus Jitu Belajar News Item Text:Penjelasan+Contoh

Diposting pada

1000 Jurus Jitu Belajar News Item Text: Penjelasan+Contoh

www.sekolahbahasainggris.com– Apakah anda pernak mendengar tentang Newws Item Text? Pasti masih berasa asing dengan hal yang satu ini? Bukan begitu? Atau anda mendapat tugas belajar bahasa Inggris dari guru ataupun dosen untuk mempresentasikan materi tentang News Item Text.

1000 Jurus Jitu Belajar News Item Text:Penjelasan+Contoh
1000 Jurus Jitu Belajar News Item Text:Penjelasan+Contoh

Ya pasti anda pernah melihat contoh news item text, hanya saja anda belum tahu kalau itu termasuk hews item text. News item text sering kita lihat baik di Koran maupun, di media massa online ataupun media social seperti facebook dan twitter.

Sebagian besar dari artikel yang ada di Koran (newspaper) merupakan news item text. Untuk lebih jelasnya, anda dapat mempelajari artikel dibawah ini:

  • Pengertian news Item text

News Item Text adlah Text dalam bahasa Inggris yang berisikan informasi tentang suatu kejadian yang terjadi sehari-hari (Actual moment) yang ditujukan pada si pembaca. Isi dari news item text adalah berita tentang kejadian-kejadian penting, topik hangat (trending topic), dan menarik.

  • Tujuan

Tujuan dibuatnya news item text adalah agar si pembaca mengetahui tentang peristiwa-peristiwa yang dianggap penting.

  • Struktur pada News Item Text

Ada 3 bagian penting pada news item text yang harus anda perhatikan untuk dapat memahami jenis text ini. Apa saja kah itu?

-Newsworthy Event

Pada Text berjenis news item, hal pertama yang harus anda buat adalah newsworthy event. Pada bagian ini sering disebut sebagai main event dalam news item. Yakni bagian yang menceritakan peristiwa secara singkat, jelas, dan padat (intinya saja). Bagian ini sering disebut sebagai summary atau ringkasan.

-Background Event

Background Event adalah bagian setelah newsworthy event, bagian ini berisi tentang kejadian secara terperinci. Background event sering disebut juga sebagai elaboration, atau artinya penjelasan lebih luas. Jadi bias berisikan siapa(who) yang terlibat dalam kejadian, dimana (where) kejadian tersebut terjadi, dan kapan (when) terjadi.

-Source

Pada bagian ini berisikan sumber kejadian tersebut, yakni komentar, saksi yang terlibat, pendapat para ahli di bidangnya. Misalnya, jika terjadi kecelakaan di suatu tempat, kita bias memasukkan komentar maupun sakasi yang melihat kejadian itu secara langsung. Serta memasukkan pendapat menurut dokter ataupun polisi yang memeriksa tempat kejadian.

  • Ciri-ciri News item Text yakni:

-Informasi lugas dan terpercaya

-Informasi nya singkat, jelas, dan Padat pada halaman utama.

-Menggunakan action verb(ada kata kerja aksi)

-Memakai material process

  • Contoh News Item text In English:

A 9 years old child got hit by truck on Jalan Soekarno Hatta

-Newsworthy Event

A tragic was happened on Jalan Soekarno hatta, a nine years old child was killed hit by truck on Jalan Soekarno Hatta at 9 a.m.

-Background Event

He dead body were autopsied by doctor after one hour latter bringing to the hospital. He (Hafiz/9 years old) tried crossing the roadway alone at nine in the morning on Jalan Soekarno Hatta Over the ringroad of Main street.

-Source

The police said that the body get apart in the different ways. The head where on the 10 meters from the location. And the body was broken. In addition, the suspect of the driver were gone away. The next observation will be done after the dead body be home to his parent.

Semoga Bermanfaat Para Pembaca SBI!!!

Related Post:

1000 Contoh Narrative Text Pendek

1000 Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat!