10 Tips Jitu Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja Agar Berhasil

Posted on

Tips Jitu Dan Cara Mengatasi Grogi atau Gugup Saat Wawancara Agar Berhasil ( Way To Overcome Nervousness In Interview )

Tips ini kami ini ambil dari buku karangan Uswatun Hasanah, M.Pd. dengan penerbit ARASKA, BAGI Anda para pelamar kerja, ada baiknya jika Anda tidak terlalu mencemaskan timbulnya rasa grogi saat proses wawancara kerja berlangsung. Karena rasa grogi adalah salah satu hal yang memang wajar, terutama jika Anda masih belum memiliki pengalaman dalam dunia bekerja.

Tips Jitu Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja Agar Berhasil

Agar Anda dapat mengatasi perasaan grogi saat proses wawancara kerja berlangsung, kami akan memberikan beberapa kiat sukses Agar anda dapat mengatasi rasa grogi saat wawancara, yaitu:

 

  • Be Prepared (Persiapkan wawancara)
    Ketika Anda kurang mempersiapkan diri sebelum proses wawancara kerja berlangsung, maka akan menyebabkan rasa khawatir yang berlebihan. Ada baiknya jika Anda memiliki waktu luang guna mempelajari posisi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut.
  • Having enough time to sleep (Memiliki waktu tidur yang cukup)
    Memang sangatlah penting jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup agar stamina tubuh Anda tetap terjaga. Sebaiknya Anda memiliki waktu tidur selama 7-8 jam dalam satu hari. Dikarenakan berdasarkan hasil pengamatan dari pakar kesehatan, ketika Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur, akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi serta rasa percaya diri saat proses wawancara kerja berlangsung.
  • Having breakfast (Sarapan)
    Sebelum Anda menjalankan serangkaian proses wawancara, sebaiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Karena ketika Anda sarapan, maka akan memberikan banyak manfaat untuk diri serta tubuh Anda sepanjang hari. Selain itu, dengan Anda sarapan juga akan membantu Anda menambahkan energi pada tubuh, serta membuat Anda menjadi lebih konsentrasi saat proses wawancara kerja berlangsung.
  • Keep trying to speak and eyes contact (Latihan berbicara dan menjaga kontak mata)
    Selama wawancara, sebaiknya Anda memberikan kontak mata kepada si pewawancara. Tidak adanya kontak mata mengesankan bahwa Anda bukanlah orang yang percaya diri.
  • Take a deep breath (Tarik napas dalam)
    Ketika Anda telah datang ke tempat wawancara, mungkin denyut jantung Anda akan lebih meningkat. Agar Anda dapat mengatasi persoalan tersebut, tariklah nafas Anda dalam-dalam agar denyut jantung Anda
    secara perlahan kembali normal.
  • Think positively! (Berfikir positif)
    Saat wawancara berlangsung, teruslah berpikir positif agar Anda tidak merasa grogi dan penuh percaya diri. Tampakkan bahwa Anda akan bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.
  • Know your strengths (Mengetahui kekuatan Anda)
    Jika Anda menyadari kekuatan dalam diri Anda, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk berhasil dalam wawancara tersebut. Oleh karena itu, pahamilah apa yang Anda miliki dengan baik pada diri Anda.
  • Don’t dwell on it (Jangan memikirkan hal itu terus menerus)
    Ketika semua proses wawancara sudah selesai, jangan terpaku pada hal-hal yang ingin Anda katakan saat wawancara. Karena hal itu hanya akan membuat Anda khawatir terhadap hal-hal yang Anda sudah ucapkan. Tetaplah berpikir positif.
  • Post-interview feedback (Mintalah penilaian terhadap hasil wawancara Anda)
    Apakah nantinya Anda akan mendapatkan pekerjaan atau tidak, penting bagi Anda untuk meminta penilaian tentang bagaimana Anda melakukan semuanya saat wawancara berlangsung. Sebuah penilaian dapat memberikan Anda pelajaran berharga untuk lebih baik lagi dalam menghadapi wawancara selanjutnya.
  • Keep praying (selalu berdoa)
    Kiat yang terakhir adalah berdoa, mohonlah pada Tuhan untuk kelancaran usaha yang sudah Anda persiapkan dan usahakan selama ini.

 

Karena tidak ada segala sesuatu yang terjadi selain atas izin-Nya dan tidak ada pula yang tidak akan terjadi pada Anda melainkan atas izin¬Nya. Namun percayalah, bahwa apapun hasilnya, yang terpenting Anda sudah berani mencoba dan berusaha.

Semoga 10 Tips Jitu Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja Agar Berhasil Ini Bermanfaat Para Sahabat SBI 🙂

Silahkan lihat materi yang berhubungan dengan wawan cara kerja :

loading...
Facebook Comments
loading...