Pertanyaan Yang Boleh Ditanyakan Dan Tidak Dalam Proses Wawancara Kerja
Pertanyaan Yang Boleh Ditanyakan Dan Tidak Dalam Proses Wawancara Kerja

10 Pertanyaan Yang Dibolehkan Bertanya Dan Tidak Dalam Proses Wawancara Kerja

Posted on

10 Pertanyaan Yang Boleh Ditanyakan Dan Tidak Dalam Proses Wawancara Kerja

Pertanyaan Yang Boleh Ditanyakan Dan Tidak Dalam Proses Wawancara Kerja

 

10 INTERVIEW QUESTIONS TO ASK BACK

DALAM setiap sesi wawancara kerja, pasti seorang interviewer memberi kesempatan pada calon karyawan untuk mengajukan pertanyaan tentang posisi atau hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Apabila kesempatan ini tidak digunakan sebaik-baiknya maka seorang calon karyawan akan kelihatan seperti tidak ada motivasi atau tidak tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan. Kemungkinan Anda juga bisa mengajukan pertanyaan yang bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Bagaimanapun, dengan mengajukan pertanyaan, Anda akan kelihatan baik di mata interviewer, Anda juga akan mengetahui sebaik mana jenis pekerjaan yang ditawarkan apakah sesuai dengan minat Anda atau tidak.

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda ajukan ketika proses interview berlangsung ketika interviewer mempersilahkan Anda untuk bertanya.

<> Is this position is really new? (Apakah posisi ini benar­ benar baru?)

Pertanyaan ini sangat penting untuk mempelajari mengapa perusaahan membuka posisi tersebut. Apabila posisi tersebut memang baru karena perusahaan

sedang tumbuh. Anda perlu banyak belajar tentang ruang lingkup pekerjaan tersebut, khususnya ketika tidak ada orang dalam perusahaan yang mengerjakan pekerjaan seperti itu. Dengan kata lain, apabila posisi yang Anda gantikan telah ada sebelumnya, Anda perlu tahu mengapa karyawan tersebut meninggalkan posisi tersebut.

<> What is the character type you need to be successful in the job? (Jenis karakter bagaimanakah yang Anda butuhkan agar sukses dalam pekerjaan tersebut?)

Dengan pertanyaan ini kita bisa mengetahui apa yang dicari oleh perusahaan dari karyawan baru, dan pertimbangkan juga pertanyaan seperti, “tipe-tipe orang seperti apakah yang mungkin bisa sukses dalam pekerjaan tersebut”.

  • What is the company’s management style? (Apakah gaya manajemen perusahaan ini?)

Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana manajemen yang diterapkan di perusahaan yang Anda lamar tersebut.

  • What types of projects and tasks can I expect in the first six months? (Jenis proyek dan tugas apakah yang dapat saya harapkan dalam enam bulan pertama?)

Pertanyaan ini memberikan kesempatan pada Anda bagaimana memperoleh gambaran dari hari ke hari dalam kondisi bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan Anda sekilas tentang tujuan dan budaya perusahaan tersebut.

  •  What do you like best working here? (Apa yang paling Anda sukai ketika bekerja di sini?)

Pertanyaan ini mungkin diajukan ke interviwer untuk memutar pertanyaan dengan cara yang baik. Ketika ia mendapatkan kesempatan untuk menceritakan karirnya dan memberikan gambaran sekilas tentang siapa dia dan kompetensinya, mungkin ia bisa menjadi leader Anda.

  • What is the next interview? (Apakah proses interview berikutnya?)

Hal ini penting untuk mengetahui proses selanjutnya untuk memenangkan pekerjaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda agar lebih dinamis untuk menghadapi porses interview selanjutnya.

Namun Anda juga harus memahami bahwa ada pertanyaan yang boleh ditanyakan saat wawancara, namun juga ada pertanyaan yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat wawancara. Antara lain:

  1. What does this company do? (Apa yang dilakukan oleh perusahaan ini?)
  2. If i get the job, when can I take time off for vacation? (Jika saya mendapatkan pekerjaan ini, kapan saya bisa cuti untuk berlibur?)
  3. lf I get this job, Can I change the schedule? (Jika saya diterima, bolehkan saya merubah jadual?)
  4. Did I get this job? (Apakah saya diterima?)

 

Semoga Materi Dari Kami Selalu Bermanfaat Para Sahabat SBI 🙂

 

Lihat Juga Materi Menarik Lainnya Yang Berhubungan Dengan Wawancara :

Facebook Comments